Kamis, 24 Februari 2011

Perkembangan Facebook

Benarkah Facebook Haram ?

Do you like this story?
Memang perkembangan facebook sudah sampai taraf menimbulkan kerisauan Universitas, Kantor dan bahkan sekarang MUI berpendapat Facebook dianggap haram . Ketidaksiapan ketua MUI , dalam menentukan haram ataupun tidak ditunjukan dengan pernyataan "Kita tidak bisa memfatwakan Facebook itu haram atau sebaliknya, kecuali melihat kontekstualnya"
Sudah menjadi kabar yang biasa kalau Facebook di blokir oleh kantor kantor, karena dianggap mempengaruhi kinerja, padahal kebutuhan untuk  bersosialisasi sangat amat dibutuhkan, terutama dikota besar yang cenderung terlalu sibuk dengan pekerjaan. Penyegelan Facebook untuk jaringan office, bisa dikatakan sebagai salah satu tanda ketidaksiapaan corporate dalam pemanfaatannya untuk menghadapi perkembangan social dan teknologi.
Bukan itu saja, Ternyata UI ( Universitas Indonesia ) juga ikut ikutan melakukan aksi pemblokiran jaringan Facebook, biarpun hal ini dilakukan sewaktu jam kantor atau jam kuliah, sudah sepatutnya pihak UI sebagai pihak yang kreatif bisa memanfaatkan berbagai kekuatan feature untuk media pembelajaran ataupun justru sebagai Ilmu baru.
Sadarkah mereka, saat Facebook dengan FBML ( programming language yang digunakan Facebook ) mampu membuat Venturebeat menghasilkan 500 juta USD, kawan kawan kita sebagai pihak yang kelimpungan dengan wave media baru ini, justru menutup diri.
Berbagai peluang dalam memanfaatkan facebook sebagai media branding facebook sebagai media pemasaran atau marketing , serta facebook group Office yang jika disadari taktis maupun strategisnya, dapat digunakan untuk menunjang kinerja.
Bagaimana kamu sendiri, apakah ditempat kerja kamu juga ada pemblokiran ? atau adakah saran untuk pemanfaatan Facebook ?
Update : Ketiga hal diatas itulah, yang akan saya bahas pada Free eBook berjudul Facebook marketing in crisis yang saat ini sedang dalam proses. Jika hal ini menarik minat, silahkan isikan alamat email untuk berlangganan artikel Blogpreneur .

Incoming search terms:

  • facebook haram
  • berita facebook haram
  • facebook dianggap haram
  • facebook haram?
  • kantor facebook
  • nasionalisme haram
  • pemblokiran facebook

Tidak Ingin ketinggalan UPDATE BERITA MENARIK Road-entrepreneur.com? silahkan subscribe email disini.

Article written by Arham Haryadi

About: Bukan Seleb Blog, secara berkala menulis tentang Tips SEO / SEM, bisnis internet dan Social Media Marketing Strategy, Berita Startup Lokal, Wordpress, dan lain-lain. Ingin belajar atau Ingin berkenalan?


Facebook comments:

14 Responses to “Benarkah Facebook Haram ?”

  1. anonymous 25. May, 2009 at 10:20 am #
    Never listen to MUI
    Semuanya itu kembali kepada diri masing2. Bila FaceBook itu membawa manfaat bagi kita seperti bersilaturahmi dengan sanak saudara atau teman lama atau bahkan untuk menyebarkan agama islam, maka itu adalah halal. Karena digunakan untuk kebaikan.
    Tapi bila awalnya orang menggunakan FaceBook untuk menzolimi orang lain, melakukan kejahatan/ penghinaan, dsb yang bersifat negatif. Maka penggunaannya itu adalah Haram.
    Mari kita telaah….
    Anda naik mobil atau motor bila bepergian. bila mobil atau motor yang anda gunakan itu dipakai untuk menabrak orang atau melakukan tindakan kejahatan. Maka penggunaan mobil atau motor itu haram hukumnya, bukannkah begitu ???
    Yang dapat menentukan tindakan yang kita lakukan itu Haram atau Halal adalah diri kita sendiri. Bukan suatu lembaga yang mengatasnamakan Agama tertentu. Kecuali haram dan halal yang sudah di tuliskan dalam Al-Quran.
    Cth lain :
    Penggunaan uang. Seluruh manusia di bumi ini rela berkorban apapun demi uang. Ada yang sampai meninggalkan keluarganya untuk mencari uang, ada yang membunuh demi uang, ada yang menjual tubuhnya demi uang, ada yang menjatuhkan nama baik seseorang demi uang dan lain sebagainya… tapi kenapa uang tidak diharamkan ???
    Mari koreksi diri kita masing2, ingat iblis dapat merasuki setiap manusia dengan berbagai cara. Tidak terlepas ulama sehebat apapun dapat dirasuki oleh iblis jahanam. Bahkan di dalam masjid sekalipun di saat kita sholat iblis sudah ada di sana terlebih dahulu untuk menggoda iman kita.
  2. James 25. May, 2009 at 11:19 am #
    Kok yo aneh ya…
    Kok pusing pusing ngurusi face book haram atau tidak…
    Emang betul semua tergantung dari diri kita masing masing…
    Lha wong punya motor aja kalau sengaja untuk nabrak orng laen haram..
    Lalu apa motor di haramkan….
    Aneh….
    Lha wong rokok dulu katanya haram…
    Sekarang gimana…???
    Bir yang berakhohol aja bisa punya ijin beredar…
    Aneh juga kalau face book diblokir karena fungsinya juga banyak…
  3. chichi 25. May, 2009 at 3:10 pm #
    “Bukan itu saja, Ternyata UI ( Universitas Indonesia ) juga ikut ikutan melakukan aksi pemblokiran jaringan Facebook, biarpun hal ini dilakukan sewaktu jam kantor atau jam kuliah, sudah sepatutnya pihak UI sebagai pihak yang kreatif bisa memanfaatkan berbagai kekuatan feature untuk media pembelajaran ataupun justru sebagai Ilmu baru”.
    Hal yang bijaksana menurut saya,, ada banyak situs lain yang lebih bermanfaat bagi mahasiswa. Gimana mau menghasilkan karya bagi bangsa klo sibuk bersosialisasi via facebook. Ada banyak wadah yang bisa menampung mahasiswa untuk saling bersosialisasi. Wadah Senat,, facebook hanya salah satu media,, toh UI juga sudah memperbolehkan di jam-jam istirahat.
    Dan kalo mau facebook-an di jam biasa ya pake modal sendiri :)
  4. nish 25. May, 2009 at 5:25 pm #
    kenapa mui tidak berdakwah lewat facebook, kan bisa lebih berguna? daripada nangkring di masjid saja, sementara orang datang ke masjid cuma pada waktu-waktu tertentu.
    selama ulama tidak mau memanfaatkan teknolgi untuk berdakwah ya agama akan membatasi dirinya sendiri. kasian sekali mui inih. krisis eksistensi sekali, suka bgt bilang2 haram. semua dibilang haram. jgn2 lama2 mengharamkan dirinya sendiri :D
  5. kamal 25. May, 2009 at 9:02 pm #
    hmm… pornografi haram jelas
    rokok haram pasti
    golput haram, its oke lah
    facebook haram… lebay ni ulama
    sekalian aja handphone, laptop, internet dan semua peradaban teknologi lainnya
  6. Arham 26. May, 2009 at 10:06 am #
    hehe… bener tuh… update berita terbaru, IRAN memblokir facebook selama pilpres… Wow tampaknya ada yang takut komunikasi viral
  7. arif 28. May, 2009 at 6:17 pm #
    ulama lebay….mang bener tuh….kagak jelas….teknologi kok haram…aneh…ga sah ngurusin hal ga penting…ngurus rakyat za dah susah ngurus facebook?? ga guna kali….
  8. Ayu Permata Sary 29. May, 2009 at 9:46 pm #
    setuju…mungkin bener kata Blogpreneur, mereka belum siap dengan teknologi dan sulit menemukan cara bagaimana memanfaatkannya, padahal diluar sana sudah banyak yang bisa memanfaatkannya
  9. Dakwah Online 13. Jul, 2009 at 8:15 pm #
    Facebook haram ?, emangnya haram dan halal yang bikin itu manusia ya….kok sampe bisa bikin statement gitu sih…..
    kalo kebanyakan mudharatnya mungkin iya, cuma itupun tergantung dari si pengguna facebook….karena banyak mudharat buat mereka yang stay online terus…tanpa mengenal waktu…
    Bagaimana kalo ada social networking mirip facebook yang bernafaskan islami seperti http://www.indoface.com, asli buatan indonesia…updatenya doa dan ucapan syukkur hari ini & ada ayat al qur an dan tausiyah setiap harinya…apakah nanti akan dibilang haram juga….
    the choice is yours

Trackbacks/Pingbacks

  1. Suara konsumen di media online vs Brand Perusahaan | online business marketing, Online Marketing strategy - 10. Jun, 2009 [...] terhadap merek perusahaan menjadi kasus yang menarik beberapa bulan terkahir ini. Disela sela cap Facebook  haram , dan UU ITE yang compang camping , beberapa brand perusahaan rusak seperti; RS Omni dan PT Duta [...]
  2. The social network facebook the movie | online business marketing, Online Marketing strategy - 25. Jun, 2009 [...] cukup populer di asia, sukses digusur facebook, sekalipun dari “facebook risks“, “facebook haram“, “facebook hack codes” dan berbagai macam cara  “how to hack facebook [...]
  3. nasionalisme 2.0 : IndonesiaUnite awal gerakan Indonesia modern | online business marketing, Online Marketing strategy - 17. Aug, 2009 [...] fatwa haram diabaikan, penyebaran berita dan semangat nasionalisme 2.0 pun berkembang pesat.  Tak ada alasan [...]
  4. Samsung indonesia keluarkan jenis TV baru | Blogpreneur - 03. May, 2010 [...] dan komunikasipun berubah arah ke media internet ( online marketing ) seperti Blog ataupun facebook . Sebagaimana kekuasaan itupun media fashion dan trend mode dalam media televisi ikut berubah, [...]
  5. Tifatul Sembiring Untuk Menkominfo Siapkah Dan Bagaimana? | Blogpreneur - 09. Jun, 2010 [...] . Berkaitan dengan hal ini tentu kita berharap dan ngak mau facebook atau social media mendapat fatwa haram, [...]

Leave a Reply





Tidak ada komentar:

Posting Komentar